Selamat Datang Di AbbyMaster's


KOMUNIKASI  

Ditulis oleh Abby

Fungsi-fungsi Komunikasi :

  1. Kontrol

    Ketika karyawan diwajibkan untuk mengomunikasikan keluhan yang terkait dengan pekerjaan kepada atasan langsung, untuk mengikuti deskripsi pekerja, untuk mematuhi segala kebijakan perusahaan.

  2. Motivasi

    Komunikasi menjaga motivasi dengan cara menjelaskan kepada para karyawan mengenai apa yang harus dilakukan, seberapa baik pekerjaan mereka, bila hasil kurang baik, apa yang harus dilakukan karyawan.

  3. Ekspresi Emosional

    Melalui komunikasi, para pekerja dapat menunjukkan rasa frustrasi / puas mereka, dan komunikasi menyediakan jalan keluar bagi ekspresi emosional tersebut.

  4. Informasi

    Komunikasi memberikan informasi yang dibutuhkan oleh individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dan mengevaluasi pilihan-pilihan alternatif yang ada.

Arah Komunikasi :

  1. Ke Bawah

    Komunikasi yang mengalir dari satu tingkatan ke tingkatan yang lebih rendah (para manajer berkomunikasi dengan karyawannya) dalam suatu organisasi.

  2. Ke Atas

    Komunikasi mengalir menuju tingkatan yang lebih tinggi (karyawan berkomunikasi dengan manajernya) dalam suatu organisasi.

  3. Lateral

    Komunikasi yang terjadi antaranggota kerja kepada tingkatan yang sama / horizontal (manajer dengan manajer, karyawan dengan karyawan).

Komunikasi Antarpersonal

  1. Komunikasi Lisan
  2. Komunikasi Tertulis
  3. Komunikasi Nonverbal (gerakan / bahasa tubuh, mengedipkan mata, mengangkat bahu, dan lain-lain).

Hambatan Bagi Komunikasi yang Efektif

  1. Penyaringan / filtering

    Faktor—faktor seperti rasa takut untuk menyampaikan berita buruk, keinginan untuk menyenangkan hati atasan terkait dengan apa yang menurut mereka ingin didengar oleh atasan.

  2. Persepsi Selektif

    Dalam proses komunikasi, penerima secara selektif melihat dan mendengar berdasarkan kebutuhan,motivasi, pengalaman, latar belakang dan karakteristik-karakteristik pribadi mereka yang lain.

  3. Kelebihan Informasi

    Bila seseorang memiliki banyak informasi dari apa yang mereka butuhkan, maka cenderung akan membuangnya, mengabaikan dan melupakan informasi tersebut.

  4. Emosi

    Apa yang telah dirasakan oleh penerima pesan akan mempengaruhi cara ia menerjemahkannya. Pesan yang sama diterima pada saat Anda marah / bingung tak jarang diterjemahkan secara berbeda ketika Anda sedang bahagia.

  5. Bahasa

    Kata-kata bisa memiliki arti yang berbeda untuk orang yang berbeda umur, pendidikan, dan latar belakang kultural.

This entry was posted on 14:11:00 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya di AbbyMaster's


IP